Skip to main content

berharap cincin baru

Cincinku rusak. Cincin yang dibelikan mama pengganti cincin yang hilang tahun lalu, kini rusak. Matanya lepas. Aku membawanya tadi untuk diperbaiki, tapi harganya terlalu mahal bagiku saat ini. Rp 200 ribu hanya untuk memasangkannya. Jadi aku mengurungkan niatku.

Aku selalu merasa tidak lengkap kalau tidak memakai cincin. Sejak SD, mama telah membiasakan diriku memakai cincin di jari manis kiri. Aku masih ingat dengan jelas momen aku menerima cincin pertamaku.

Mamaku adalah guru di sebuah sekolah dasar negeri di kota Binjai. Gajinya kecil untuk ukuran hidup di kota Medan (kami tinggal di Medan). Mama juga harus pintar-pintar membagi gajinya untuk menyicil biaya pembangunan rumah kami di kabupaten Deli Serdang (Deli Serdang berbatasan langsung dengan Medan dan Binjai). Berhubung bapak kerjanya serabutan, alhasil mama yang nyaris menanggung semua biaya rumah tangga.

Nah, suatu kali ketika mama mengajak belanja ke pasar. Mama membawaku ke sebuah toko emas. Aku sangat senang sekali dan takjub dengan desain dan warnanya yang mengkilat menawan. Mata kanak-kanakku (aku masih kelas 6 SD) menjelajah dari satu etalase ke etalase lainnya. Mama menunjuk sebuah cincin; mata cincin itu berwarna merah jambu tua. Mama memasukkannya ke jari manis kiri. Indah.

Aku hampir merengek saat mama ternyata tidak membelikan cincin apapun untukku. Sampai kemudian, mama berjanji pulang sekolah akan membawakan aku sebuah cincin.

Aku masih ingat dengan jelas. Waktu terasa sangat lambat saat menunggu mama pulang. Biasanya mama pulang jam 1 siang, tapi hingga pukul 5 sore mama belum juga pulang. Aku mulai merasa kuatir. Apalagi hujan disertai halilintar mulai datang menghantam.

Mama kemudian pulang jam 6 sore dalam keadaan basah dan tentu saja membawa cincin itu. Cincin yang mama belikan adalah cincin yang sama yang pernah kucoba.

Seingatku, cincin ini kemudian hilang karena kesembronaanku. Baru setelah aku kuliah, mama kemudian membelikan aku cincin. Cincin ini pun sama persis dengan yang hilang. Cincin ini bertahan kupakai hingga tahun 2009 dan hilang di awal tahun 2010.

Kali ini mama enggan membelikan aku cincin yang baru. Dia bersikeras aku harus dihukum karena lalai. Tapi lalu mama berubah ketika dilihatnya aku sering secara tak sengaja mengelus jari manis kananku. Kali ini dia membiarkan aku memilih. Aku memilih cincin sederhana berbentuk huruf A. Aku menyukainya.

Sayangnya dua minggu lalu, mata cincin ini lepas dan ongkos perbaikannya mahal bagiku. Aku berniat meminta mama mengirim cincin yang baru. Namun setelah kupikir lagi, mungkin ini adalah pertanda aku akan mendapat cincin baru dari pasanganku hehe (ngarep@com)

Comments

Unknown said…
mahal ya! kan hanya untuk pasang matanya saja! aku jg mau melakukan hal yang sama tapi belum kesampaian. kalau harganya segitu wahhhh dipikir2 dulu lagi nie! kau tdk salah dengar kan? :D
Novita Sianipar said…
nggak salah dengar aku..baru kali ini aku nggak pakai cincin..dan rasanya aneh..

semoga bisa segera mendapat yang baru.amin

Popular posts from this blog

6 bulan di LBI UI

Tadi usai nulis blog aku terkapar lagi. Demamnya kembali hikss..Sedih juga sih sakit di negeri yang jauh. Oh ya aku ingin cerita juga kelanjutan setelah kelulusanku itu. Setelah lulus aku berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pembekalan bahasa Inggris selama 6 bulan. Di LBI UI bersama 49 peserta lainnya kami kembali ke layaknya anak sekolah masuk jam 9 dan pulang jam 3 sore. Memang sangat melelahkan tapi juga juga menyenangkan. Disana pula aku bertemu dengan beberapa orang yang istimewa yakni Mijon dan Budi yang kemudian menjadi mentor grammar, Indah yang selalu ada untuk memeriksa academic writingku dan mencari data baru tentang kampus yang kutuju, serta Dolphin- seorang sahabat yang membuatku selalu bersyukur dengan apa yang kumiliki. Aku memang dekat dengan hampir seluruhnya tapi mereka yang kusebutkan tadi punya andil besar hingga aku sampai sekolah ke Inggris ini. Mereka membuktikan dirinya selalu ada saat aku memerlukan mereka. Aku masih saja bepikir mereka dipilih karna Tuhan ta

Semua dimulai dengan mimpi

Mimpi menjadi hal yang penting dalam hidupku. Peristiwa-peristiwa penting dalam hidupku semuanya dimulai dengan mimpi. Sebagai anak Ayah (red: Tuhan Yesus Kristus), aku percaya tidak ada yang terjadi secara kebetulan. Semuanya telah ditetapkan sejak dunia belum dijadikan (Ini yang kitab perjanjian lama katakan lho). Sejak aku mengalami masa traumatis karena ditinggalkan tunanganku tahun 2007, aku mengalami masa yang sukar. Aku jatuh bangun untuk kembali tegak dan menjadi Novita sebelum kejadian itu. Dan itu tidak mudah. Perlu waktu bertahun-tahun bahkan hingga sekarang untuk terus disadarkan betapa kejadian itu hanyalah bagian yang seharusnya membuatku tersenyum karena justru dalam keadaan sukar itu aku bisa melihat kemurahan dan kesetianNya mengalir. Suatu hari seperti biasa aku membaca koran kompas di ruang tamu tempat aku bekerja sebagai wartawan radio. Disitu ada iklan beasiswa tentang FORD FOUNDATION. Iklan itu menarik dan aku beberapa kali telah pernah dikirimi website oleh teman

Pria di Seven Sisters

Pria itu manis. Sangat manis malah. Kadang bingung sendiri kenapa pria semanis dia rela saja tersenyum meski aku mengacuhkannya sedemikian rupa. Kemarin aku melihatnya duduk dua baris di depanku dan ketika dia menoleh seperti mencari seseorang, cepat-cepat aku mengambil buku dan pura-pura membacanya. Sayangnya buku sialan itu terbalik hahahaha..Mati mengenaskan!! Dia tersenyum dan bola matanya berpijar mentertwakan kebodohanku. Sialan! Pria itu memang belakangan kayak bayanganku saja, dia ada dimana-mana. Waktu aku ke Falmer Market di Lewes, dia juga ada disana- tersenyum dengan lebarnya melihatku. Aku terpaksa berhenti karena dia langsung menyediakan sebuah bangku, tapi aku memilih berdiri. Dia bertanya ini itu; semua hal yang pribadi. Aku menjawab berputar-enggan membagi hidupku bersamanya. Aku melihat ditangannya dia memegang dua botol yogurt,"Kamu suka yogurt juga ternyata," "Yah, sama denganmu kan ?" Sebenarnya kaget dia tau aku beli yogurt dan den